header niko 728 x 90

Alun-alun Kota Rembang



Rembang - Seperti halnya kota-kota di pesisir pulau jawa di jaman kerajaan Islam, kota Rembang yang juga memiliki alun-alun kota banyak digunakan untuk pusat kegiatan masyarakatnya. Letaknya berada pada pusat kota Rembang dengan ciri identik bersebelahan dengan Masjid Agung Rembang dan dekat dengan Pendopo Kabupaten (sebagai pusat pemerintahan).

Alun-alun Kota Rembang ini juga berada di jalur utama pantura sehingga bagi orang yang melalui jalur pantura menuju Semarang - Surabaya maka alun-alun ini dapat dilihat dengan mudah.

Kondisi eksisting alun-alun saat ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan yang berfungsi baik, yaitu:
  • Pada sisi barat terdapat masjid Agung Rembang, Minimarket Ritail, dan Komplek pertokoan.
  • Pada sisi timur terdapat sekolah dasar dan rumah-rumah penduduk.
  • Pada sisi selatan alun-alun terdapat Ruko, sekolah dasar dan rumah penduduk.
  • Pada sisi utara berbatasan langsung dengan Jalan Pantura.
Alun-alun Rembang saat ini sudah mengalami renovasi total sehingga wajah alun-alun tampak lebih menarik sehingga lebih banyak diminati sebagai wisata keluarga meskipun sekedar bercang-bincang sambil melihat aktifitas anak-anak CRAX bermain skate ataupun membawa anak-anak mereka yang seumuran TK sampai dengan SD untuk bermain Inline Skate, Banyak juga yang menyewa mobil-mobilan. Malam Mnggu ataupun malam liburan biasanya juga banyak keluarga atau pasangan muda-mudi yang menikmati kuliner di sekeliling alun-alun karena menu nya sangat beragam mulai dari lontong tuyuhan, Pecel lele, Nasi Goreng, Soto Kudus, Nasi Gandul, Fried Chicken, dan Juga Nasi Kucing.

Lanjutkan diaktivitas minggu paginya alun-alun Rembang ini juga tak kalah meriahnya banyak sekali mulai dari anak-anak sampai orang tua ber olah raga, ada juga yang ikut senam gratis, ada yang sekedar jalan cepat, ada yang berlari dan ada juga yang bersepatu roda. Sepertinya Alun-alun setelah mengalami renovasi saat ini banyak di minati sebagai wisata keluarga yang murah, meriah sehat. Selain itu ada juga semacam batu-batu yang disusun rapi menonjol yang banyak digunakan orang untuk terapi dengan jalan kaki tanpa menggunakan alas dan sensasinya seluruh peredaran darah serasa mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh dari telapak kaki sampai dengan kepala.


Hal yang tak kalah menarik lainnya adalah saat ini Alun-alun kota Rembang sudah menyediakan akses jalan bagi penyandang cacat di ke empat sisi jalan masuk baik dari arah barat, utara, timur maupun selatan sehingga mudah di jangkau dengan menggunakan kursi roda untuk bisa naik  ke atas alun-alun. Monggo, tunggu apa lagi mari ajak keluarga untuk berwisata ke alun-alun Rembang dengan wajah dan fasilitas publik yang baru dan menyehatkan.


Semoga Alun-alun Kota Rembang kembali di berlakukan Car Free Day pada minggu pagi seperti dulu lagi agar kenyamanan orang-orang yang berlari-lari mengelilingi alun-alun tidak terganggu motor maupun mobil yang berlalu lalang. Akhirnya dari beberapa hal yang patut diperhatikan dan sama-sama kita jaga agar potensi positif ruang publik dari Alun-alun Kota Rembang akan selalu terpelihara dengan saling bersinerginya antara masyarakat, pengunjung, penikmat dan para pedagang serta peran Pemerintah Kabupaten Rembang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alun-alun Kota Rembang"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.