header niko 728 x 90

Rembang Beatbox Clan

Rembang Beatbox Clan Rembang
Inilah satu lagi potensi positif anak-anak muda Rembang kreatif yang bernaung dalam wadah komunitas yang bernama Rembang Beatbox Clan (RBXC). Rembang Beatbox Clan adalah sebuah komunitas musik hip-hop yang sama sekali tidak menggunakan alat musik. Mereka menggunakan mulut mereka sendiri untuk membuat music tersebut. Komunitas ini berdiri baru saja sekitar bulan November 2014. Anggotanya memang memiliki gairah sensual terhadap musik. Musik adalah hidup. Begitulah yang mereka tahu.

Masa “Purba” RBXC

Flashback ke belakang sekitar tahun 2014, mereka hanyalah segerombolan anak IT yang suka menghabiskan waktu di depan layar monitor. Tidak ada ketertarikan untuk menjadi beatboxer. Bahkan salah satu anggotanya, yang bernama Krisna, pernah berhasil meretas website pemerintahan Israel. Dan Michel sangat terobsesi dengan pembuatan game, sehingga dia selalu sibuk dalam kamarnya yang redup untuk membuat proyek game yang tidak selesai-selesai.

Rembang Beatbox Clan Rembang
Anggota RBXC (meja tengah, memakai baju hitam berkacamata (Michel) dan kemeja batik (Krisna))
mengikuti event Community Gathering di Fave Hotel
Sementara yang lainnya pada sibuk sendiri, entah karena malas, sibuk sama pacarnya, gaming di warnet, dll. Sebelumya, para “bapapendiri” [The Founding FatherRBXC adalah komunitas Cyber yang antusias. Bahkan sempat ada perang Cyber (Cyberwar) antara Hacker Rembang dan Pati. Sampai sebegitunya, bahkan Krisna sampai mengabaikan rambutnya yang semakin panjang dan peringkat mereka selalu di atas 20 dalam belajar karena ketergantungan dengan komputer.
Tapi, pada saatnya, semuanya berubah.

Saat mereka membuka youtube dan melihat seorang beatboxer mangadakan pertunjukan jalanan, mereka semakin penasaran dengan beatbox. Yah, meskipun mereka sudah mengetahui apa itu beatbox, tapi video yang mereka lihat itu benar-benar menginspirasi mereka tentang sebuah seni kontemporer yang unik. Pada pertama kali mendirikan RBXC, para anggota masih pada malas [aras-arasen, istilah Rembang-nya] namun, seiring berjalannya waktu, kira-kira akhir November, Mereka mulai banyak mengadakan pertemuan kecil-kecilan di lobi hotel Gajah Mada, maupun di rumah para member. Bahkan sampai juga ada member yang menginap di rumah member lainnya karena kemalaman untuk bisa pulang.

“Revolusi” RBXC

Dari sinilah geliat Revolusi RBXC di awal tahun 2015 dimulai dimana para member RBXC semakin sering melakukan pertemuan, dan pertemuannya semakin terkesan “formal”. Semakin banyak member baru, dan semakin banyak inspirasi. Mereka pun melalukan meeting di alun-alun, membuat rapp, dan freestyling beatbox tanpa portable sound.

“Reformasi” RBXC

Di “era Reformasi” RBXC ini, Mereka semakin sering mengikuti pertemuan yang benar-benar formal. Seperti meeting di Fave Hotel dalam rangka perkumpulan semua komunitas di Rembang (Rembang Community Gathering)

Saat pertemuan berlangsung di Fave Hotels Rembang, semua komunitas di Rembang yang diwakili dua orang saling memperkenalkan komunitasnya dan pada saat Krisna memperkenalkan komunitas mereka, dia diminta oleh moderator untuk menunjukkan kebolehan nya freestyle beatbox. Dia pun mulai menempelkan microphone kemulutnya dan mulai freestyle beatbox. Semua orang di ruangan itu langsung bengong melihat kemampuannya yang hebat itu. Bahkan ada komunitas lain yang merekamnya waktu freestyle (tanpa ia sadari). Saat Michel menanyakan bagaimana agar bisa beatbox sebagus itu? Krisna malah ragu, dia mengira aksinya tadi biasa-biasa saja, tapi menurut teman-teman yang hadir memberi penilaian yang luar biasa sehingga membuat RBXC menjadi lebih bersemangat lagi kedepan dalam berkarya dan berkontribusi di dunia Musik dengan Style yang lain.

Masa Menuju Kejayaan RBXC

Rembang Beatbox Clan Rembang
Aksi Perform RBXC di Alun-alun kota Rembang
Minggu pagi-15/02/2015, para anggota RBXC melakukan Beatbox Battle on Public. Mereka datang untuk memenuhi kesepakatan untuk perform di alun-alun Kota Rembang yang menjadi pertama kalinya mereka perform di publik. Meskipun kegiatan kurang berlangsung sesuai dengan keinginan karena fasilitas yang sangat minim, tapi mereka tetap melaksanakannya dengan penuh semangat.


Bagi wong Rembang yang tertarik pingin tahu lebih dekat dengan RBXC dan berminat dengan komunitas ini monggo mampir ke isini,


Whatsapp : 087717358538
Pin: 5206AD4B

Facebook      Facebook: RembangBeatbox Clan
Twitter      Twitter: @rembangbeatbox
Instagram      Instagram: @rembangbeatbox

Beatbox adalah permainan jangan terlalu serius santai dan tetap bersenang-senang.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Rembang Beatbox Clan"

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.