header niko 728 x 90

Hutan Mangrove Rembang

Hutan Mangrove Rembang
Rembang Bangkit - Hutan Mangrove
Potensi wisata bahari di Kabupaten Rembang yang belakangan ini cukup di mininati para pengunjung baik dari lokal Rembang sendiri maupun dari luar Rembang  yakni Wisata Hutan Mangrove yang terletak disepanjang bibir pantai Pasarbanggi Rembang.

Hutan Mangrove Rembang
Kawasan Hutan Mangrove
Awalnya banyak pohon Mangrove yang ditanam oleh “Professor” Suyadi dibantu oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang ini merupakan salah satu cara untuk menangkal abrasi laut yang mengeruk bibir pantai, disamping itu area tambak juga selamat dari gerusan ombak laut. Karena menurut beliau yang merupakan penggerak penanaman Mangrove ini khawatir jika warga Desa Pasarbanggi akan direlokasi karena abrasi.

Untuk menuju ke wisata hutan mangrove ini sangat mudah, dari Kota Rembang menuju ke timur arah ke Lasem dari Gerbang Batas Kota Rembang kurang lebih 1,5 KM masih ketimur sampai kiri jalan ada papan tulisan Hutan Wisata Mangrove, masuk ke jalan desa. Ikuti petunjuk jalan yang ada.

Hutan Mangrove Rembang
Saat ini kendala yang ada di obyek wisata tersebut adalah akses menuju kawasan tersebut yang masih sulit untuk dilalui karena akses jalan yang digunakan adalah jalan setapak tambak. Jarak antara tempat parkir dengan lokasi masih terlalu jauh sehingga jalan kaki untuk sampai ke hutan mangrove juga lumayan berkeringat.

Hutan mangrove di Pasarbanggi memiliki luas lebih dari dua hektare, namun memanjang hingga sekitar satu kilometer. Saat ini, kawasan hutan mangrove telah dilengkapi dengan jalan setapak yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mengelilingi hutan Mangrove ini yang terbuat dari papan kayu bercat merah.

Hutan Mangrove Rembang
Biaya untuk masuk ke Hutan Mangrove cukup murah, cukup merogoh kocek Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan Roda 2 dan Rp.5.000,- untuk parkir kendaraan roda 4. Biaya tersebut sudah termasuk tiket untuk menyusuri serta menikmati rimbunnya Hutan Mangrove.

Dari Informasi sampai saat ini  luas wilayah hutan mangrove kurang lebih 22 hektar dengan panjang 2.900 meter. Jenis tanah di hutan mangrove ini berupa Gromsol berpasir dan lumpur, Selain itu di hutan mangrove ini tertanam 6 jenis pohon mangrove, yaitu:

  1. Rhizophora Spp
  2. Rhizophora apiculata
  3. Avicenia marina
  4. Avicenia alba
  5. Soneratia alba
  6. Xilocarpus Spp
Mari segera kunjungi bersama keluarga ragam wisata bahari Hutan Mangrove Rembang untuk melepas penat dan jalan-jalan kecil menyusuri papan kayu cat merah serta menikmati Rimbunnya Hutan Mangrove dengan suara-suara habitat hewan-hewan laut dan sahut-sahutan kicau burung-burung yang sepertinya nyaman tinggal di pepohonan Hutan Mangrove ini. Tempat ini juga sangat cocok digunakan untuk kegiatan Outbound, foto session pre wedding atau foto session model. Selamat berwisata.
Tak jauh dari tempat ini ke arah timur kurang lebih 4 - 8 Km lagi ada juga wisata bahari pantai pasir putih Pantai Karang Jahe yang mempesona dan tak kalah menariknya juga Pantai Caruban Lasem.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hutan Mangrove Rembang"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.