header niko 728 x 90

Waduk Banyukuwung Rembang

Waduk Banyukuwung Rembang
Embung Banyukuwung Rembang
Lokasi Waduk/Embung/Bendung Banyukuwung berada di antara Desa Sudo kecamatan Sulang, kurang lebih 7,5 Km kearah selatan dari kota Rembang dan Sukorejo, Kecamatan Sumber, Rembang. Waduk ini merupakan buatan berfungsi sebagai sumber air dari masyarakat sekitar, selain itu untuk irigasi persawahan dan dipergunakan sebagai air minum apabila musim kemarau.

Untuk mencapai lokasi, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat, mengingat jalannya cukup memadai. Meskipun akses jalan menuju lokasi yang berjarak sekitar 4 km banyak yang mengalami kerusakan, sepanjang jalan pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri.

Waduk tersebut, memang tidak hanya cocok dijadikan tempat wisata keluarga, bahkan bagi anda yang senang memancing juga bisa menyalurkan hobinya itu dengan membawa peralatan pancing. Bahkan, di lokasi objek tampak sejumlah pengunjung yang sedang asyik berenang, karena airnya juga cukup jernih.

Embung Banyukuwung dibangun untuk menyediakan air baku 20 liter/detik untuk melayani kebutuhan 10.000 jiwa penduduk di Kabupaten Rembang, terutama Kecamatan Kaliori; dan untuk menyediakan suplesi irigasi sekitar 775 ha melalui bendung Pentil.

Karena mempunyai panorama dan suasana yang indah maka obyek ini sangat cocok untuk wisata seperti wisata tirta, wisata agro, wisata berburu dan olah raga air serta hutan disekitar waduk/embung juga sering dijadikan komunitas pecinta trail trabas Rembang.


Objek wisata ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai irigasi pertanianm, melainkan bisa dijadikan pula lokasi budidaya ikan air tawar maupun objek wisata alam lainnya.
Tak jauh dari sini ada obyek wisata Bumi Perkemahan yang mempunyai pemandangan alam yang menyejukkan dan cocok untuk mengadakan acara-acara outdoor untuk organisasi/komunitas anak muda yang suka berpetualang. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Waduk Banyukuwung Rembang"

  1. Aku sering mancing nila diwaduk sudo, pemandangannya jg bagus, warganya juga ramah. I like....

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.