header niko 728 x 90

Pesanggrahan R.A Kartini Rembang

Wisata Pesanggarahan RA Kartini - Sebelumnya akan kami singgung sedikit tentang sejarah keberadaan Pesanggrahan Ini yang berada di dalam kompleks keluarga besar bupati Rembang KRMAA Singgih Djojo Adhiningrat beserta keturunan-keturunannya. Selain kompleks makam keluarga di lokasi yang sama terdapat Pesanggrahan "Puncak Winahyu" Keluarga Besar Djojo Adhiningrat. Pesanggrahan ini berupa bangunan model Jawa masa lalu bercat hijau muda. Di sekeliling bangunan terdapat banyak pohon buah-buahan, seperti mangga, rambutan, kedondong, alpukat, kelapa dan lain sebagainya.

Pesanggrahan RA Kartini ini terdiri dari teras, ruang tamu, 4 kamar tidur besar, ruang makan besar, dapur dan kamar mandi. Di sisi kanan belakang pesanggrahan telah dibangun sebuah kamar mandi tambahan. Antara pesanggrahan dengan kompleks makam dihubungkan dengan sebuah jalan kecil yang dari semen sepanjang sekitar 300 meter. Di dalam bangunan terdapat banyak foto-foto keluarga dan berbagai sertifikat ataupun tanda penghargaan yang dibingkai dan ditempelkan ke dinding. Melalui foto-foto tersebut, pengunjung dapat mengikuti rekaman sejarah panjang keluarga besar Bupati Djojo Adhiningrat. Selain foto-foto juga terdapat sertifikat-sertifikat dan piagam-piagam penghargaan. Di antaranya sertifikat-sertifikat pengangkatan KRMAA Singgih Djojo Adhiningrat dan puteranya KRMAA Abdul Karnen Djojo Adhiningrat sebagai Bupati-Bupati Rembang oleh pemerintah Hindia Belanda. Foto-foto juga menjelaskan bahwa keluarga besar Djojo Adhiningrat adalah keturunan langsung dari Bupati Blitar Djojodigdo. Bahkan keluarga besar ini mempunyai paguyuban bernama Paguyuban Djojodigdan. Mengunjungi kompleks makam dan pesanggrahan "Puncak Winahyu" Keluarga Besar Djojo Adhiningrat dapat memberikan pengetahuan bagi kita tentang sebagian perjalanan sejarah bangsa Indonesia

Di Pesanggrahan R.A Kartini ini juga terdapat makam suami Kartini, RMAA Djojodiningrat dan putera satu2nya RM Susalit. Diareal ini dibangun tempat pesanggrahan sebagai tempat peristirahatan belia beserta permaisurinya RA Kartini. Makam R.A Kartini.dilengkapi fasilitas areal parkir yg luas, mushola, bumi perkemahan, tempat peristirahatan, dan warung cindera mata, dan setiap bulan April tepatnya tanggal 21 April yang kita peringati sebagai Hari Kartini, di hari itu banyak dikunjungi ribuan pengunjung dari berbagai daerah luar Rembang berdatangan untuk sekedar berwisata dan berziarah. Dan tak lengkap sekiranya jika setelah dari Pesanggrahan ini kita tidak berkunjung ke Museum Kartini sebagai tambahan perbendaharaan dan pengetahuan sejarah terhadap emansipasi R.A Kartini.

Lokasi Pesanggrahan R.A Kartini ini, terletak di desa Bulu 17,5 Km ke arah selatan dari kota Rembang jurusan Blora. Kartini wafat pd tanggal 17 september 1904 dalam usia 25th, dimakamkan di pemakaman keluarga Bupati Rembang, RMAA Djojodiningrat Luas seluruhnya makam ini +10Ha. Dibuka : setiap hari jam 07.00 – 16.00 WIB. Tak jauh dari lokasi ini ± 3Km kearah selatan ada obyek Wisata Alam yang menakjubkan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesanggrahan R.A Kartini Rembang"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.