Batik Ningrat Lasem



Batik Ningrat - adalah milik Bapak Rifai di Desa Sumbergirang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Seperti juga batik laseman pada umumnya, banyak menampilkan motif burung hong, bunga peony, teratai, watu pecah atau watu krecak, dan liong. Ada pula ornamen kawung, gunung ringgit, dan parangan yang juga terdapat di daerah lain. Salah satu kreasi Batik Ningrat, yang menggunakan motif Tiga Negeri, masuk dalam daftar 10 besar Lomba Cipta Seni Batik Nusantara.

Batik Lasem Tiga Negeri ini menampilkan perpaduan budaya China dan budaya Jawa, yaitu motif burung hong dan bunga peony (China), dengan ornamen isian sekar jagad. Sesuai prinsip, Batik Tiga Negeri ini menggunakan tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan soga (kecoklatan).

Sebagai pembatik, terutama setelah batik diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Indonesia Non Bendawi, Rifa'i mengakui amat terbantu dengan dukungan Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi. Saat menjadi pemula pada 2008, ia juga mendapat bantuan modal dari Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, termasuk bantuan peralatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Batik Ningrat Lasem"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.