header niko 728 x 90

Melihat Patung Budha Tidur di Vihara Ratanavana Arama Lasem Rembang



Melihat Patung Budha Tidur di Vihara Ratanavana Arama Lasem Rembang. Pernah mendengar patung Budha tidur di Thailand ? atau ingin melihat patung Budha tidur secara langsung ? tidak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand, karena di Indonesia juga ada patung Budha tidur. Patung ini merupakan salah satu dari enam situs bersejarah yang terdapat di dalam Vihara Ratanavana Arama Lasem.

Vihara ini berlokasi di desa Sendang Coyo, kecamatan Lasem, kabupaten Rembang. Berjarak 4 kilometer dari jalan raya utama (jalur pantura) kota Lasem. Di area lahan seluas 6 hektar ini anda dapat melihat sejarah hidup Sang Budha Sidharta Gautama mulai dari lahir sampai dengan wafat. Terdapat enam situs yang setiap situsnya mewakili setiap kejadian yang dialami oleh Budha. 

Situs yang pertama menceritakan kelahiran Sang Budha oleh ibunya Dewi Mahamaya. Di situs tersebut terdapat taman yang asri lengkap dengan patung Sang Budha, Ibunya, gajah putih, ular naga raksasa sepanjang 25 meter dan tujuh bunga terartai. Dengan sedikit menaiki beberapa anak tangga, anda akan sampai pada situs yang kedua. Patung Budha setinggi 3 meter sedang duduk bersemedi di bawah pohon beringin dengan badan nampak kurus kering yang mewakili cerita tentang Sidharta Gautama ketika bersemedi selama enam tahun di hutan Uruvela, India. 

Lanjut di situs ketiga yang terdapat patung Budha sedang berdiri di atas bunga teratai dengan tangan kanan diangkat setinggi dada dan telapak tangan menghadap ke depan yang menunjukkan bahwa Sang Budha telah berhasil dalam pertapaannya. Pada situs keempat, terdapat patung Budha yang duduk di atas bunga teratai, sedang mengajarkan ajarannya kepada beberapa muridnya. 

Semakin ke atas sampailah pada situs kelima yaitu patung Budha sepanjang 14 meter yang sedang tidur dengan posisi miring ke kanan dengan tangan kanannya dilipat di depan wajahnya yang mewakili cerita wafatnya Sang Budha dalam kondisi yang sempurna. Selain dari kelima situs tersebut, masih terdapat beberapa situs lagi yang sayang sekali untuk anda lewatkan. Karena Vihara ini masih digunakan sebagai tempat ibadah, maka bagi anda yang berkunjung disini harus menaati aturan dari pihak Vihara, seperti tidak boleh berkata kotor dan berpacaran di dalam area Vihara. Untuk masuk Vihara ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Berlibur, belajar sejarah dan belajar toleransi antar umat.
Vihara Ratanavana Arama Lasem.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Melihat Patung Budha Tidur di Vihara Ratanavana Arama Lasem Rembang"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.